FILING
Andry Herdianto (30111829)
JAKARTA | 1DBO4 MANAJEMEN INFORMATIKA
Kita
berbicara tentang FILING pada kesempatan kali ini. Sebenarnya apa yang
dimaksud dengan FILING itu? Yang pasti ini berbeda dengan Felling yah.
Mungkin untuk orang awam masing asing mendengar kata FILING ini. Tapi
sebenarnya dalam dunia organisasi atau tepatnya lagi pada perusahaan
FILING ini merupakan hal yang sudah lumrah terdengar.
FILING
disini berarti segala kegiatan atau tindakan atau perbuatan yang
berhubungan dengan masalah pengumpulan, kasifikasi, penyimpanan,
penempatan, pemeliharaan dan distribusi atas surat-surat,
catatan-catatan, perhitungan-perhitungan, grafik-grafik, data ataupun
informasi yang lain dan tindakan tersebut dilakukan dengan
setepat-tepatya dalam rangka melakukan suatu proses manajemen serta
catatan maupun surat tersebut data ditemukan kembali dengan mudah.
Dari pengertian tersebut dapat kita simpulkan bahwa FILING adalah tidak
hanya bagaimana melakukan penyimpanan saja tetapi juga yang paling
penting adalah bagaimana surat yang disimpan tersebut dapat dengan mudah
ditemukan kembali.
Mengapa suatu FILING diperlukan dalam suatu perusahaan?
Pentingnya suatu FILING dilakukan menyangkut :
a.
Dihubungkan dengan bisa tidaknya surat yang disimpan tersebut dipakai
dengan mengikuti perubahan diwaktu-waktu yang akan dating baik
menyangkut masalah yang berhubungan dengan perencanaan, pengembangan
perusahaan, maupun kemajuan-kemajuan dan perubahan organisasi.
b.
Masalah keamanan penempatan FILING yang sebaiknya sewaktu-waktu jika
diperlukan dapat denga mudah ditemukan, hal ini sangat penting karena
menyangkut dengan proses pengambilan keputusan yang akan dilakukan
perusahaan. Sehingga kecepatan waktu dalam penemuan surat yang
dibutuhkan seorang manejer sangat perlu diperhatikan.
c. FILING
merupakan suatu tempat penampungan daya ingatan seorang manajeryang
sewaktu-waktu jika diperlukan harus dengan cepat ditemukan. Jangan
sampai pada saat ingatan tersebutdiperlukan dalam mengatasi suatu
masalah susah ditemukan.
d. FILING yang dibuat setepat-tepatnya baik pada saat penyimpanan disebut sebagai warkat atau papers.
Papers tersebut antara lain :
- Surat pembayaran barang.
- Surat penerimaan barang.
- Surat hutang.
- Surat asuransi.
- Surat penjualan barang.
- Surat pengiriman barang.
- Surat-surat administrasi kepegawaian.
- Surat-surat pembayaran pajak.
- Surat perjanjian perdagangan.
- Surat-surat jaminan.
- Laporan-laporan keuangan perusahaan.
- Daftar harga-harga bahan-bahan dasar.
- Dan surat-surat yang lainnya.
Semua
surat-surat yang tersebut di atas di samping yang belum termasuk ke
dalam surat-surat di atas sangat penting gunanya bagi perusahaan, karena
surat-surat di atas tersebut akan memperlancar jalannya operasi
perusahaan baik dalam mengadakan perencanaan masa depan maupun
target-terget perusahaan yang hendak dicapai sampai dengan masalah dalam
pengambilan keputusan.
Referensi :
e-book Organisasi dan metode #
Tidak ada komentar:
Posting Komentar